
Social engineering adalah suatu teknik manipulasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan untuk memanipulasi orang lain agar memberikan informasi rahasia, akses ke sistem, atau melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan penyerang. Teknik ini tidak bergantung pada pemahaman teknis atau keamanan komputer, melainkan lebih fokus pada manipulasi psikologis dan interaksi sosial.
Beberapa informasi yang sering kali menjadi target social engineering meliputi:
1.username aplikasi
2.password / kata sandi
3.pin
4.kode otp
5.nomor kartu atm / kartu kredit
7.nama ibu kandung
8.informasi pribadi
beberapa langkah yang dapat membantu melindungi diri dan organisasi dari serangan social engineering:
1.Aktifkan verifikasi dua faktor (2FA) untuk akun yang memungkinkan hal tersebut. Ini menambah lapisan keamanan dengan memerlukan informasi tambahan selain kata sandi.
2.Jaga informasi pribadi hindari membagikan informasi pribadi secara sukarela, terutama melalui email, pesan teks, atau telepon.
3.Waspada penipu yang mengaku mengatasnamakan petugas Bank yang menanyakan data pribadi.
4.Cek keaslian akun layanan konsumen Bank.