TikTok secara resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan PT GoTo Gojek Tokopedia pada tgl (11/12/2023), memberikan kabar baik bagi para pelaku usaha UMKM yang telah menanti-nanti kembalinya operasional TikTok Shop.

Operasi bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah payung PT Tokopedia, dengan TikTok memiliki peran signifikan dalam pengelolaan operasionalnya.

Sebagai komitmen jangka panjang, TikTok akan menyuntikkan dana lebih dari US$1,5 miliar untuk mendukung berjalannya operasional Tokopedia.

Seiring dimulainya kemitraan ini, TikTok dan Tokopedia akan memulai program uji coba dengan meluncurkan kampanye Beli Lokal yang dijadwalkan tgl (12/12/2023), sejalan dengan peringatan Hari Belanja Online Nasional.

Berdasarkan email pemberitahuan dari TikTok kepada para penjual, saat ini para penjual dapat kembali mengakses dan mengelola produk melalui Seller Center. Sementara pembeli baru dapat mulai berbelanja besok melalui Shop Tab, Video Pendek, dan Live Streaming di Aplikasi TikTok.

TikTok dan Tokopedia juga berkomitmen memberikan dukungan kepada pelaku UMKM, melibatkan mereka dalam:

Promosi produk-produk Indonesia di platform Tokopedia dan TikTok.
Pemberdayaan UMKM, meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM melalui program komprehensif yang mendukung pengembangan keahlian dari hulu hingga hilir.
Mendukung pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang.
Menolong pelaku usaha lokal untuk memasarkan produknya di pasar internasional.
Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai lokasi di Indonesia.
Memastikan adanya lingkungan pasar yang mendukung persaingan yang sehat.
Bagaimana pendapat Sahabat UMKM tentang kabar ini? 🚀✨

#BprCMA #umkmjogja #umkmsleman